CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Sunday, April 7, 2013

Kelumpuhan Tidur

Sedikit share tentang pengalaman yang bisa dibilang aneh juga, tiap orang mungkin pernah ngalamin. Kalo di Bandung nih, orang-orang biasanya nyebut "eureup-eureup" hehehe. Katanya sih eureup-eureup ini hantu yang gangguin kita waktu tidur. Aku pribadi sering ngalamin ini, tapi gatau apa bener hantu atau cuma mitos. Coba-coba nyari tentang penjelasan ilmiah. Dapetlah satu artikel ini dari Yahoo! Cekidot :DD

Mitos dan penjelasan ilmiah kelumpuhan tidur
Kelumpuhan tidur adalah penjelasan di balik mitos incubus dan succubus (setan laki-laki dan perempuan) yang sering berhubungan seks dengan manusia tidur. Dalam banyak kasus, kata MacKinnon, penjelasan ilmiah di balik kelumpuhan tidur menjelaskan mitos-mitos ini. Perasaan tercekik atau sesak napas atau seseorang duduk di dada kita yang sering terjadi pada kelumpuhan tidur adalah akibat dari pola napas automatis yang terjadi pada orang saat tertidur. Ketika mereka sadar dan membuka mata, pola bernapas mereka masih sama seperti tertidur, orang pun mencoba bernapas melawan kendali automatis sehingga mereka merasa sesak napas.

Ditambah lagi dengan halusinasi yang datang dari dunia mimpi, tak heran jika orang merasa ada hantu, setan, atau penculikan alien terjadi, kata MacKinnon.

Kelumpuhan tidur juga lebih sering terjadi ketika tidur Anda terganggu--mungkin karena orang sedang berada dalam perjalanan, kepanasan atau kedinginan, atau tidur di tempat yang tak familiar atau menyeramkan. Kecenderungan ini akan membuat orang kena kelumpuhan tidur ketika mereka sudah rapuh dengan pemikiran akan hantu atau makhluk gaib lainnya.

"Menarik melihat narasi ilmiah ini serta psikoanalis dan psikologis saling mendukung satu sama lain dan bukannya bertentangan," kata MacKinnon.

Sejak mengerjakan proyek ini, MacKinnon berhasil mengendalikan kelumpuhan tidurnya atau setidaknya berhasil menenangkan dirinya saat kejadian. Caranya, dengan menggunakan kelumpuhan tidur sebagai suatu bentuk riset, merasakan apa yang terjadi pada tangannya dan bagaimana posisinya saat itu. Dengan memperhatikan detil-detil seperti ini cenderung bisa menyingkirkan halusinasi mengerikan.

"Memberi penjelasan rasional bisa melawan intuisi," kata dia. "Butuh waktu lama bagi saya untuk berhenti percaya bahwa halusinasi itu nyata, karena rasanya betul-betul nyata."

 (source: http://id.berita.yahoo.com/kelainan-saat-tidur-yang-membuat-orang-melihat-setan-110614863.html)

Abis baca artikel diatas, masih percaya gangguan hantu waktu tidur? Tergantung anda menyikapinya :)) tapi kayanya kalau udah tau penjelasan ilmiahnya gausah khawatir lagi yaa. Pesen aja be positive be logical, biar ga stress sendiri kalo ngalamin, hihihi.

No comments:

Post a Comment